Penelitian dan Pendampingan Penyusunan Qanun Kampun Kabupaten Aceh Tengah

Rasyidah, 2008097301 Penelitian dan Pendampingan Penyusunan Qanun Kampun Kabupaten Aceh Tengah. Working Paper. UIN Ar- Raniry, Banda Aceh.

[thumbnail of Penelitian dan Pendampingan Penyusunan Qanun Kampun Kabupaten Aceh Tengahg] Text (Penelitian dan Pendampingan Penyusunan Qanun Kampun Kabupaten Aceh Tengahg)
laporan penelitian dan pendampingan peny.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembuatan aturan di desa merupakan tugas aparatur desa. Selanjutnya, pembuat aturan harus memiliki pengetahuan tentang teknik membuat aturan. Selain itu, pembuat aturan perlu pula mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diatur di tingkat desa. Untuk itu, pembuat aturan perlu dibekali teknik mapping problem di desa dan kemudian diturunkan pada rencana program dan rencana aksi pembuatan aturan desa. Kemudian, perangkat desa harus mampu menghimpun segala sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam melahirkan aturan. Berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi dengan berbagai pihak yang terbatas, saat ini di desa, tidak semua desa memiliki perangkat yang mampu melakukan pekerjaan di atas, yaitu mulai dari pemetaan isu yang perlu dituangkan dalam aturan desa (qanun kampung), sumber daya manusia yang mampu menyusun aturan dengan baik, dan menyusun rencana aksi penyusunan aturan desa (qanun kampung).

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 307 Komunitas > 307.72 Komunitas Pedesaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rasyidah Rasyidah
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:26
Last Modified: 26 Jun 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30124

Actions (login required)

View Item
View Item