Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kedisiplinan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Dilihat Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Karyawan PT. Harum Jaya Banda Aceh)

Fera Julita, 190602045 (2023) Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kedisiplinan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Dilihat Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Karyawan PT. Harum Jaya Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perspektif Ekonomi Islam] Text (Perspektif Ekonomi Islam)
Fera Julita, 190602045, FEBI, ES, 081229329562.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Produktivitas kerja merupakan kemampuan menghasilkan barang dan jasa dari berbagai sumber daya atau faktor produksi yang digunakan untuk meningkatkan pekerjaan yang dihasilkan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan perlu adanya penerapan nilai-nilai kerja Islam yang di berikan melalui motivasi dan kedisiplinan kerja dalam peran aktif tenaga kerja supaya menghasilkan hasil yang maksimal dengan melihat kualitas dan kuantitas kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi dan kedisiplinan kerja dalam meningkatkan produktivitas karyawan secara parsial maupun simultan. Adapun jenis dari penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner yang diberikan kepada 31 responden. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Motivasi Kerja (X1) terdapat pengaruh positif secara parsial terhadap variabel terikat yaitu Produktivitas Kerja (Y), dan variabel Kedisiplinan Kerja (X2) secara parsial juga mendapatkan pengaruh positif terhadap Produktivitas Kerja (Y). Secara simultan Motivasi Kerja dan Kedisiplinan Kerja menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap Produktifitas Kerja Karyawan sebesar 64,6% sedangkan sisanya sebesar 35,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka diharapkan PT. Harum Jaya Banda Aceh untuk selalu meningkatkan motivasi kerja dan kedisiplinan kerja yang sesuai dengan perspektif Ekonomi Islam agar kinerja karyawan lebih memuaskan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fera Julita Fera
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:31
Last Modified: 26 Jun 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30130

Actions (login required)

View Item
View Item