Penggunaan Metode Qowaid Tarjamah Dengan Menggunakan Sentence Building Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Dalam Pelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh)

Cana Nurul Aini, 190202128 (2023) Penggunaan Metode Qowaid Tarjamah Dengan Menggunakan Sentence Building Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Dalam Pelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Qowaid Tarjamah Dengan Menggunakan Sentence Building Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Dalam Pelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh)] Text (Penggunaan Metode Qowaid Tarjamah Dengan Menggunakan Sentence Building Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Dalam Pelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Pesantren Modern Darul Ulum Banda Aceh))
Cana Nurul Aini, 190202128, FTK, PBA, 082237765838.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Dalam observasi awal di PMDU, peneliti menemukan bahwa para siswa kurang mampu merangkai kata-kata tertentu menjadi sebuah kalimat yang baik dan benar. Setelah peneliti mengamati lebih mendalam, peneliti juga menemukan bahwa masih banyak siswa yang belum memahami susunan tata letak kata sesuai kaidah Nahwu. Sebagai jalan keluar dari problema ini, peneliti mencoba untuk menerapkan “Penggunaan Metode Qowaid Tarjamah dengan Menggunakan Media Sentence Building Game dalam Pembelajaran Nahwu”, dengan menggunakan metode eksperimen yang sesuai dengan One-Group Pre-test Post-test, yaitu hanya melibatkan satu kelas yang sama sebagai kelas eksperimen. Populasi yang diambil oleh peneliti adalah seluruh siswa Tsanawiyah yang berjumlah 151 siswa dan sampel yang digunakan peneliti adalah kelas 2C yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes dan observasi. Setelah memberikan soal pre-test dan post-test, akan dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-test menggunakan SPSS. Hasil observasi kegiatan siswa menunjukkan nilai 89, 58 yang memenuhi predikat sempurna karena berada di antara nilai 81 – 100. Adapun untuk hasil nilai Pre-test dan Post-test memperoleh tingkat signifikan (2 – tailed) 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa Hipotesis (Ha) diterima dan Hipotesis (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Cana Nurul Aini
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:58
Last Modified: 26 Jun 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30143

Actions (login required)

View Item
View Item