Suhendri Juanda, 170208006 (2023) Implementasi Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Konsep Pada Materi Laju Reaksi Di Sekolah SMAN 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Suhendri Juanda, 170208006, FTK, PKM, 082367630621.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Latar belakang dilaksanakan penelitian ini ialah proses pembelajaran yang dilakukan guru bidang studi kimia di sekolah masih kurang memotivasi belajar peserta didik sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Tujuan diimplementasikan model pembelajaran Advance Organizer berbasis peta konsep adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, untuk melihat aktivitas guru, dan untuk melihat aktivitas peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat empat tahapan dalam siklus pada PTK antara lain: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Hasil yang diperoleh dari implementasi model ini ialah: terjadinya peningkatan hasil tes peserta didik yang dilihat dari hasil pre-test sebesar 26,6% dan post-test sebesar 83,3% yang menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar setelah diimplementasikan model ini. Pada aktivitas guru, guru mendapat nilai sebesar 94,1%, ini menunjukan guru terlibat dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Aktivitas peserta didik mendapat hasil sebesar 90,15%, ini menunjukan peserta didik termotivasi belajar dengan menggunakan model ini. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa implentasi model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Suhendri Juanda Hendri |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 03:16 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 03:16 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30146 |