Nilai-Nilai Edukatif Dalam Prosesi Aqiqah Anak di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar

Sovia Ariyani, 201003026 (2023) Nilai-Nilai Edukatif Dalam Prosesi Aqiqah Anak di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Nilai-Nilai  Edukatif Dalam Prosesi Aqiqah Anak  di Kecamatan  Darussalam  Kabupaten Aceh Besar] Text (Nilai-Nilai Edukatif Dalam Prosesi Aqiqah Anak di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)
8. TESIS FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Aqiqah anak merupakan upacara keagamaan dan rasa syukur seorang hamba kepada Allah Swt. karena sudah dikarunia seorang anak. Dalam prosesnya ada penyembelihan hewan, yaitu dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan yang dilaksanakan ketika bayi masih berusia 7 (tujuh) hari dan merupakan waktu paling afdhal. Tesis ini menelaah beberapa permasalahan. Pertama, bagaimana praktik prosesi aqiqah anak di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar? Kedua, apa saja nilai-nilai edukatif dalam prosesi aqiqah anak di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar? Tesis ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dan berlokasi di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa praktik prosesi aqiqah anak di Kecamatan Darussalam terdiri dari beberapa prosesi yaitu (1) Penyembelihan kambing yang disertai dengan menghias kambing dengan menggunakan celak, bedak, lipstik, wangi-wangian. (2) Pencukuran rambut kemudian rambut tersebut ditimbang berapa gram dan di konversikan ke rupiah untuk diberikan sedekah kepada fakir miskin seberat rambut bayi. (3) Peucicap menggunakan air zam-zam, air susu, madu dan air buah-buahan. (4) Pemberian nama yang baik, dan (5) Walimatul aqiqah dan marhaban yang berasal dari kitab barzanji. Selanjutnya terdapat lima nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam prosesi aqiqah anak di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Nilai edukatif tersebut adalah (1) Nilai agama yang terdiri dari nilai aqidah dalam prosesi penyembelihan kambing, pemberian nama, dan walimatul aqiqah dan marhaban, nilai ibadah dalam prosesi penyembelihan kambing dan walimatul aqiqah dan marhaban, dan nilai akhlak dalam prosesi pencukuran rambut, peucicap dan pemberian nama. (2) Nilai sosial dalam prosesi penyembelihan kambing, pencukuran rambut, dan walimatul aqiqah dan marhaban. (3) Nilai Estetika dalam prosesi penyembelihan kambing, pencukuran rambut, pemberian nama dan walimatul aqiqah dan marhaban. (4) Nilai Moral dalam prosesi dan prosesi walimatul aqiqah dan marhaban. (5) Nilai Budaya dalam prosesi peucicap dan prosesi walimatul aqiqah dan marhaban.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sovia Ariyani Sovia
Date Deposited: 26 Jun 2023 08:54
Last Modified: 26 Jun 2023 08:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30161

Actions (login required)

View Item
View Item