Teori Asabiyyah Ibn Khaldun dalam Perspektif Hukum Islam (Theory of Asabiyyah Ibn Khaldun in Islamic Law Perspective)

Muji Mulia, 2027037402 (2019) Teori Asabiyyah Ibn Khaldun dalam Perspektif Hukum Islam (Theory of Asabiyyah Ibn Khaldun in Islamic Law Perspective). Jurnal Hukum Keluarga dan Hukum Islam.

[thumbnail of Turnitin : Artikel Jurnal Samarah] Text (Turnitin : Artikel Jurnal Samarah)
Turnitin Artikel assabiyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Teori ‘asabiyyah (solidaritas golongan, fanatisme suku atau
nepotisme) adalah buah piker Ibn Khaldun.Lahirnya teori ‘Asabiyyah ini tidak terlepas dari pengamatannya terhadap kondisi umat Islam ketika itu saling bertikai dan merebut kekuasaan dengan mengandalkan solidaritas golongan, kelompok. Artikel ini hendak mengkaji Teori ‘asabiyyah Ibn Khaldun. Artikel inidikaji dengan pendekatan historis dan normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agar praktek Teori ‘asabiyyah ini tidak mengarah kepada kejahatan dan negatif, menurut pendapat Ibn Khaldun, agamalah satu-satunya solusi untuk mengendalikan serta mengontrol berjalannya solidatas golongan. Agama sangat berperan untuk menurunkan tensi dari praktek asabiyyah ini. Meskipun sosok Ibn Khaldun telah memaparkan ‘asabiyyah (solidaritas golongan, fanatisme kelompok) bagian dari sunnatullah yang tidak bisa dilenyapkan dari kehidupan manusia, kita juga harus melihat dari kacamata Islam dalam hal ini hukum Islam terhadap praktek ‘asabiyyah (solidaritas golongan). Dalam pandangan
hukum Islam, praktek ‘asabiyyah (solidaritas golongan) tidak dibenarkan artinya dilarang dengan alasan melanggar dari tujuan penetapan hukum Islam itu sendiri. Tujuan ditetapkan hukum Islam adalah untuk menciptakan kemaslahatan umat manusia. Sedangkan praktek solidaritas golongan, fanatime suku, dan nepotisme memberikan kesengsaraan, kemafsadatan, permusuhan dan kehancuran sendi-sendi kehidupan manusia, baik di dunia maupun di akhirat.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muji Mulia Muji
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:07
Last Modified: 27 Jun 2023 05:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30184

Actions (login required)

View Item
View Item