Mekanisme Penghimpunan dan Pengelolaan Wakaf Uang Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam pada Yayasan Wakaf Haroen Aly (YWHA)

Durratul Fitriya, 160602185 (2023) Mekanisme Penghimpunan dan Pengelolaan Wakaf Uang Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam pada Yayasan Wakaf Haroen Aly (YWHA). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang penghimpunan dan pengelolaan wakaf uang pada salah satu yayasan wakaf di Aceh] Text (Membahas tentang penghimpunan dan pengelolaan wakaf uang pada salah satu yayasan wakaf di Aceh)
Durratul Fitriya, 160602185, FEBI, ES, 082238240169.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Wakaf menjadi salah satu amal jariyah seperti halnya sedekah dan infak yang dalam dalil Al-Qur’an dan hadis disebut sebagai amalan yang pahalanya tidak pernah putus. Besarnya potensi wakaf uang di Indonesia untuk pemberdayaan umat, kemaslahatan masyarakat, serta pengurangan angka kemiskinan membuat pemerintah mewacanakan pengembangan dalam pengadaan dan pengelolaan wakaf tunai di Indonesia. Namun, realita yang terjadi di masyarakat sangat berbeda dengan potensi yang ada. Wakaf uang belum berkembang dengan baik dalam memberdayakan masyarakat disebabkan oleh faktor seperti nazhir yang kurang kompeten, kurangnya pemahaman masyarakat tentang kemudahan wakaf uang, pengelolaan yang tidak produktif, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mekanisme penghimpunan dan pengelolaan wakaf uang di Yayasan Wakaf Haroen Aly (YWHA). Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur penghimpunan dan pengelolaan wakaf uang dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku dan sesuai dengan prinsip syariah.

Kata Kunci: Wakaf Uang, Penghimpunan, Pengelolaan, Yayasan Wakaf Haroen Aly (YWHA), Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Durratul Fitriya Dura
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:55
Last Modified: 04 Jul 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30192

Actions (login required)

View Item
View Item