Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah Kebudyaan Islam Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa MAN 1 Simeulue

Mustika Weni, 180201166 (2023) Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah Kebudyaan Islam Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa MAN 1 Simeulue. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah Kebudyaan Islam Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa MAN 1 Simeulue] Text (Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah Kebudyaan Islam Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa MAN 1 Simeulue)
Mustika Weni, 180201166, FTK, PAI, 082267658521.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan praktis mengajar yang diperlukan guru untuk memberikan bimbingan dan pelajaran kepada siswa agar lebih terarah. Adapun ruang lingkup kompetensi pedagogik adalah pemahaman terhadap peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Adapun petanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Kompetensi Pedagogik guru SKI dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran SKI pada Siswa MAN 1 Simeulue?. 2) Bagaimana Kompetensi Pedagogik guru SKI dalam pelaksanaan pembelajaran SKI pada Siswa MAN 1 Simeulue?. 3) Bagaimana Kompetensi Pedagogik guru SKI dalam mengevaluasi pembelajaran SKI pada Siswa MAN 1 Simeulue? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru SKI dalam klasifikasi baik, dapat dilihat dari guru SKI dalam merancang rencana pelaksanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, hanya sebagian kecil belum tercapai yaitu memanfaatkan alat/media pembelajaran dan menciptakan kreatifitas untuk menunjang proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan pedoman rencana pelaksanaan pembelajaran dan Guru SKI juga telah menyesuaikan secara keseluruhan antara evaluasi dengan materi yang dipelajari. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru Sejarah Kebudayaan Islam sudah mampu merancang rencana pelaksanaan, melaksanakan pembelajaran dan mampu mengevaluasikan pembelajaran SKI dengan benar sesuai dengan kompetensinya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mustika Weni
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:03
Last Modified: 06 Jul 2023 02:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30195

Actions (login required)

View Item
View Item