Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VI SDN Kuta Pasie

Mutiara Ayunda Sani, 180209066 (2022) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VI SDN Kuta Pasie. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemahaman Konsep] Text (Pemahaman Konsep)
Mutiara Ayunda Sani, 180209066, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan paling mendasar yang sangat diperlukan bagi siswa dalam penguasaan materi pembelajaran. Berdasarkan observasi awal di SDN Kuta pasie menunjukkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang untuk beberapa indikator kemampuan pemahaman konsep masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang di kelas VI SDN Kuta Pasie. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Kuta Pasie yang terdiri dari enam siswa yaitu dua siswa dengan kemampuan pemahaman konsep kategori tinggi, dua siswa dengan kategori sedang, dan dua siswa dengan kategori rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemahaman konsep siswa dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesmpulan. Hasil penelitian ini adalah: Dari enam orang anak yang dianalisis berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep rata-rata anak mampu memenuhi indikator menyatakan ulang konsep dan indiktor memberikan contoh bukan contoh. Akan tetapi untuk indikator mengklasifikasikan, menerapkan, dan menyajikan konsep rata-rata siswa belum memenuhi indikator tersebut. Penyebab utama rendanya kemampuan pemahaman konsep adalah kurangnya motivasi dan usaha dari siswa dalam memahami materi. kemudian kurangnya latihan dan pembiasaan dalam memecahkan masalah juga menjadi faktor tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Ayunda Sani Ayu
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:00
Last Modified: 06 Jul 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30198

Actions (login required)

View Item
View Item