Rancangan Video Profil Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Menggunakan Animasi 3D Sebagai Edukasi Kepada Masyarakat

Ratry Humayra, 150212044 (2023) Rancangan Video Profil Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Menggunakan Animasi 3D Sebagai Edukasi Kepada Masyarakat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Rancangan Video Profil Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Menggunakan Animasi 3D Sebagai Edukasi Kepada Masyarakat] Text (Rancangan Video Profil Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Menggunakan Animasi 3D Sebagai Edukasi Kepada Masyarakat)
Ratry Humayra, 150212044, FTK, PTI, 082272070957.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Upaya yang dilakukan program studi Pendidikan Teknologi Informasi (prodi PTI) untuk memberikan edukasi dan memperkenalkan diri ke masyarakat selama ini hanya menggunakan brosur. Brosur yang sudah dibuat dibagikan kepada kepala sekolah yang tergabung dalam MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA/SMK) Aceh. Kegiatan pembagian brosur ini sudah dilakukan sejak tahun 2017. Oleh karena itu peneliti merancang video profil prodi PTI menggunakan animasi sebagai edukasi kepada masyarakat. Dalam penelitian ini juga memiliki tujuan mengetahui efektifitas video yang dirancang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan tahapan 4D yaitu define, design, development and dissemination. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Aceh Besar dengan empat kriteria yaitu dosen prodi PTI, mahasiswa prodi PTI, calon mahasiswa dan orang tua calon mahasiswa. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi plotagon untuk pembuatan video animasi 3D dan kinemaster untuk aplikasi editing. Sebelum melakukan peneltitian, video diuji oleh 2 ahli yaitu ahli media dan ahi materi. Setelah diuji oleh ahli maka video yang sudah dirancang diuji kepada sampel maka diperoleh hasil rebillitas valid dengan keseluruhan pertanyaan diperoleh rhitung>rtabel dan uji reliabilitas diperoleh hasil reliable dengan nilai 0,98.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Ratry Humayra
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:46
Last Modified: 11 Jul 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30210

Actions (login required)

View Item
View Item