Pengelolaan Kurikulum Program Diniyah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di MIN 1 Banda Aceh

Imam Maulana Simamora, 170206014 (2023) Pengelolaan Kurikulum Program Diniyah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di MIN 1 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengelolaan Kurikulum Program Diniyah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di MIN 1 Banda Aceh] Text (Pengelolaan Kurikulum Program Diniyah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di MIN 1 Banda Aceh)
Imam Maulana Simamora, 170206014, FTK, MPI, 085273596516.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pengelolaan Kurikulum Program Diniyah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan merupakan suatu kegiataan yang dilakukan oleh suatu pihak yang bertanggung jawab dalam melaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan untuk menjalankan program diniyah sehingga mencapai tujuan yang di inginkan madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penyusunan, pelaksanaan, serta factor pendukung dan hambatan dalam pengelolaan kurikulum program Diniyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, ketua diniyah, pengurus bidang pengajaran dan seorang pengajar. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Mekanisme penyusunan kurikulum Program Diniyah MIN 1 Banda Aceh berjalan dengan terstruktur seperti penentuan tujuan, penentuan isi kurikulum, pengorganisasian kurikulum dan merancang evaluasi kurikulum. 2) Tahapan penerapan kurikulum Program Diniyah MIN 1 Kota Banda Aceh meliputi pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar 3) faktor pendukung pada penerapan Program Diniyah di MIN 1 Kota Banda Aceh berupa adanya kerja sama yang baik serta dukungan seluruh perangkat madrasah, adapun faktor penghambatnya berupa jadwal pembelajaran yang belum sesuai dengan target pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Imam Maulana Simamora
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:32
Last Modified: 11 Jul 2023 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30211

Actions (login required)

View Item
View Item