Analisis Peranan Pemasaran Syariah Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Sektor Fashion Di Kota Banda Aceh

Syintia Fara Dina, 180602204 (2022) Analisis Peranan Pemasaran Syariah Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Sektor Fashion Di Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemasaran Syariah] Text (Pemasaran Syariah)
Syintia Fara Dina, 180602204, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Sebagian besar penduduk di Kota Banda Aceh adalah mayoritas Islam, dikarenakan Aceh merupakan daerah syariah. Tentunya beragam macam kegiatan bisnis di Aceh harus berdasarkan dengan syariah. Ekonomi kreatif sedang berkembang pesat khususnya pada sektor fashion dikarenakan sektor fashion menuntut untuk berkreasi. Peneliti memilih ekonomi kreatif sektor fashion dikarenakan sektor ini sangat berpotensial untuk dikembangkan khususnya di Aceh, terlebih lagi dengan trend busana Islami yang sedang berkembang pesat dan kondisi sosiokultural masyarakat Aceh yang lekat dengan nilai-nilai Islami. Penelitian ini mengkaji tentang pemasaran syariah dalam mengembangkan ekonomi kreatif sektor fashion di Kota Banda Aceh, tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana pemasaran syariah dalam mengembangkan ekonomi kreatif sektor fashion di Kota Banda Aceh serta mengetahui bagaimana peran ekonomi kreatif dalam mengembangkan sektor fashion di Kota Banda Aceh. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemasaran syariah dalam mengembangkan ekonomi kreatif sektor fashion di Kota Banda Aceh dapat dikatakan sudah menerapkan dan menjalankan bauran pemasaran syariah dengan menggunakan 4P bauran pemasaran, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Peran ekonomi kreatif dalam mengembangkan sektor fashion di Kota Banda Aceh mampu mengurangi pengangguran, menjadikan daya tarik bagi konsumen dalam meraih pendapatan negara, meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Banda Aceh, sektor fashion di Kota Banda Aceh mampu mengembangkan kreativitas dan inovasinya dalam pegembangan industri kreatif untuk selalu meningkatkan pemasukan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Syintia Fara Dina Dina
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:11
Last Modified: 11 Jul 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30212

Actions (login required)

View Item
View Item