: Efektivitas Penggunaan Aplikasi PhET pada Materi Rangkaian Listrik Seri dan Paralel di Kelas X SMKN 1 Mesjd Raya

Cut Rama Zona, 170211032 (2023) : Efektivitas Penggunaan Aplikasi PhET pada Materi Rangkaian Listrik Seri dan Paralel di Kelas X SMKN 1 Mesjd Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of : Efektivitas Penggunaan Aplikasi PhET pada Materi Rangkaian Listrik Seri dan Paralel di Kelas X SMKN 1 Mesjd Raya] Text (: Efektivitas Penggunaan Aplikasi PhET pada Materi Rangkaian Listrik Seri dan Paralel di Kelas X SMKN 1 Mesjd Raya)
Cut Rama Zona, 170211032, FTK, PTE, 082237145868.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Aplikasi PhET merupakan software simulasi virtual pembelajaran sains yang digunakan untuk pelajaran fisika, kimia, biologi, geologi dan matematika. Aplikasi PhET cocok digunakan ketika pembelajaran online atau sekolah yang tidak mempunyai laboratorium konvensional. Permasalahan di SMKN 1 Mesjid Raya adalah tidak adanya laboratorium fisika, sehingga aplikasi PhET menjadi salah satu solusi untuk mengikuti pembelajaran praktikum. Penelitian ini dilakukan dengan untuk menganalisis tingkat keefetivitas penggunaan aplikasi PhET. Penelitian ini menggunakan model deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitianya berjumlah 20 peserta didik dan instrumen penelitian menggunakan angket kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan aplikasi PhET pada materi rangkaian listrik seri dan paralel di kelas X SMKN 1 Mesjid Raya berada pada tingkat “sangat efektif” dengan perolehan persentase 94.67%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Aplikasi Phet
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Cut Rama Zona
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:34
Last Modified: 11 Jul 2023 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30213

Actions (login required)

View Item
View Item