Tradisi Pasajuak Rumah Pada Masyarakat Suku Aneuk Jamee (Studi di Gampong Pasar Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan)

Fuhaira Alfathia, 180501108 (2022) Tradisi Pasajuak Rumah Pada Masyarakat Suku Aneuk Jamee (Studi di Gampong Pasar Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Tradisi Pasajuak Rumah Pada Masyarakat Suku Aneuk Jamee (Studi di Gampong Pasar Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan)] Text (Tradisi Pasajuak Rumah Pada Masyarakat Suku Aneuk Jamee (Studi di Gampong Pasar Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan))
FUHAIRA ALFATHIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Tradisi Pasajuak Rumah Pada Masyarakat Aneuk Jamee: Studi Gampong Pasar Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan tradisi pasajuak rumah, makna yang terkandung dalam tradisi pasajuak rumah dan pandangan masyarakat terhadap tradisi pasajuak rumah pada suku Aneuk Jamee di Gampong Pasar Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Tradisi sebelum mendirikan rumah ada beberapa tahapan yaitu dimulai dengan persiapan, pembangunan, dan penyelesaian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, mengumpulkan sebanyak mungkin fakta dan data secara detail dan mendalam mengenai suatu hal untuk mendapatkan pemahaman secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan penelitian ini dianalisa dengan cara mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa proses pelaksanaan tradisi pasajuak rumah pada masyarakat Aneuk Jamee diawali dengan (1) Jamba Tukang (2) Tapuang Tawar (3) dan yang terakhir Sirih Saji, terdapat beberapa helai daun sirih, pinang, kapur sirih, gambir, cengkeh, dan tembakau. Makna yang terkandung tradisi ini adalah permohonan keselamatan, ketentraman dan supaya kenyamanan yang diperoleh masa akan datang lebih nyaman dari biasanya. Pandangan masyarakat terhadap tradisi pasajuak rumah pada suku Aneuk Jamee diterima dengan sangat baik dan mereka juga ikut mendukung dengan diadakannya kegiatan ini dan ikut berpartisipasi dalam tradisi tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Fuhaira Alfathia Fuhaira
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:47
Last Modified: 11 Jul 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30214

Actions (login required)

View Item
View Item