Praktik Nilai-nilai Syariah dan Dampaknya pada Pusat Koperasi Kartika Iskandar Muda

Panglima Yatim Rafiq, 211008031 (2023) Praktik Nilai-nilai Syariah dan Dampaknya pada Pusat Koperasi Kartika Iskandar Muda. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Praktik Nilai-nilai Syariah dan Dampaknya pada Pusat Koperasi Kartika Iskandar Muda] Text (Praktik Nilai-nilai Syariah dan Dampaknya pada Pusat Koperasi Kartika Iskandar Muda)
PANGLIMA YATIM RAFIQ- 211008031-OK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan sebagai berikut: Pertama, bagaimana fungsi Pusat Koperasi Kartika Iskandar Muda menurut syariah. Kedua, bagaimana pandangan nilai-nilai syariah terhadap praktik koperasi pada Pusat Koperasi Kartika Iskandar Muda. Ketiga, bagaimana dampak nilai-nilai syariah terhadap praktik koperasi pada Pusat Koperasi Kartika Iskandar Muda. Metode Penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, menggambarkan praktik nilai-nilai syariah dan pengaruhnya terhadap Puskop Kartika Iskandar Muda. Lokasi penelitian di Banda Aceh. Sumber data Primer dan Skunder. Pengumpulan data secara survei langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem Pusat Koperasi Kartika Iskandar Muda memenuhi syarat maslahat dan mengandung praktik nilai-nilai syariah. Meski tidak berlabel syariah, keberadaanya telah mampu mengangkat kesejahteraan bagi anggota TNI AD dan masyarakatnya. Kesejahteraan yang dicapai meliputi: Pendapatan yang semakin meningkat. Pengeluaran untuk konsumsi meningkat. Pendidikan dan kesehatan meningkat. Ikut berperan membantu pertahanan negara non militer dalam bidang ekonomi. Akad yang digunakan adalah multi jasa dalam rangka membantu anggotanya. Dalam beberapa akad, belum sesuai dengan syariah jika merujuk pada fatwa DSN-MUI. Meskipun ada kerelaan di dalamnya. Ini terjadi karena keterbatasan pengetahuan dari pengurus dalam memahami hukum syariah dan koperasi sedang masa peralihan dari konvensional ke syariah. Kedua sistem tersebut digunakan sambil berjalan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Panglima Yatim Rafiq Panglima
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:02
Last Modified: 11 Jul 2023 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30215

Actions (login required)

View Item
View Item