Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teori APOS yang Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Qatrun Nada, 180205052 (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teori APOS yang Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemahaman Konsep] Text (Pemahaman Konsep)
Qatrun Nada, 180205052, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika. Teori APOS adalah suatu teori kontruktivis tentang bagaimana kemungkinan berlangsungnya pencapaian/pembelajaran suatu konsep atau prinsip matematika yang dapat digunakan sebagai suatu elaborasi tentang konstruksi mental dari aksi, proses, objek, dan skema. Sedangkan topik aritmatika sosial yang dikaji pada penelitian ini adalah keuntungan dan kerugian, persentase untung, persentase rugi, bruto, netto, tara, bunga tunggal, pajak, dan diskon. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan diperoleh bahwa lembar kerja peserta didik yang dirancang guru belum sesuai dengan apa yang diharapkan untuk menuntut peserta didik dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Teori APOS yang dapat meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada materi aritmatika sosial yang valid dan praktis. Lokasi penelitian ini di SMPN 9 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari empat fase yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD memenuhi kategori valid yang diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai skor rata-rata adalah 89,78%. Sementara itu, berdasarkan hasil analisis lembar kepraktisan juga dilihat dari respon guru terhadap LKPD yang diperoleh skor rata-rata adalah 87,5%, dan dari respon angket siswa diperoleh skor rata-rata adalah 81% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan dalam kategori valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Qatrun Nada Nada
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:46
Last Modified: 11 Jul 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30216

Actions (login required)

View Item
View Item