Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Polya Di MTS

Nirta Mulyani, 180205016 (2023) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Polya Di MTS. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Polya Di MTS] Text (Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Polya Di MTS)
Nirta Mulyani, 180205016, FTK, PMA, 082168308508.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek utama dalam matematika yang diperlukan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir siswa, sikap dan keyakinan, penggunaan strategi-strategi. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih menjadi masalah dalam pendidikan matematika. Peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan langkah Polya pada materi Bilangan Bulat dan Pecahan. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak tiga siswa MTsN 4 Aceh Besar yang dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu satu siswa dengan kategori kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi, Sedang, dan Rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, lembar soal tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes tulis dan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini (1) Satu subjek kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi yang mampu mencapai empat indikator kemampuan pemecahan masalah berdasarkan langkah polya yaitu understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan dan looking back. (2) Satu subjek kemampuan pemecahan masalah kategori sedang yang mampu mencapai tiga indikator kemampuan pemecahan masalah berdasarkan langkah polya yaitu understanding the problem, devising a plan dan carrying out the plan. (3) Satu subjek kemampuan pemecahan masalah kategori rendah yang mampu mencapai dua indikator kemampuan pemecahan masalah berdasarkan langkah polya yaitu understanding the problesm dan carrying out the plan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nirta Mulyani Nirta
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:49
Last Modified: 12 Jul 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30234

Actions (login required)

View Item
View Item