Analisis Kesulitan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar

Muzizatun Nizar, 190201078 (2023) Analisis Kesulitan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar] Text (Analisis Kesulitan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar)
Muzizatun Nizar, 190201078, FTK, PAI, 085226251081.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Dalam aktivitas pembelajaran siswa tidak akan selalu berjalan dengan baik, mereka tidak terlepas dari hambatan-hambatan dalam belajar. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan terdapat siswa masih kurang aktivitas dalam bertanya di dalam kelas, kurangnya minat dalam pembelajaran PAI, hilangnya konsentrasi belajar siswa, kurangnya penggunaan media yang bervariasi dalam proses pembelajaran, siswa masih kesulitan membaca Al-Quran dengan baik dan benar yang sesuai dengan ilmu tajwid. Tujuan dalam penelitian ini untuk megetahui bentuk, faktor serta solusi guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi masalah kesulitan belajar siswa. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa bentuk kesulitan belajar diantaranya siswa masih belum ada yang bisa membaca buku pelajaran, hilangnya konsentrasi dalam belajar, kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar, kesulitan dalam membaca, menulis dan menghafal materi Al-Quran Hadist. Kesulitan tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dari dalam diri siswa sendiri dan dari faktor eksternal dari faktor luar diri siswa. Solusi mengatasi kesulitan belajar terbagi menjadi dua, yaitu dari pihak siswa (internal) dengan berusaha bertanya kepada kawan. Dari pihak (eksternal) dengan berusaha pengadaan sarana dan prasarana, guru berusaha meningkatkan motivasi serta minat baca siswa melalui literasi, menjalin komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua siswa, bekerja sama dengan guru BK dan bagian kesiswaan dalam membentuk program-program sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muzizatun Nizar
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:54
Last Modified: 12 Jul 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30235

Actions (login required)

View Item
View Item