Upaya Orang Tua Di Desa Aneuk Galong Titi Dalam Mengatasi Problematika Akhlak Pada Anak SMP/MTs Di Masa Covid-19

Gebrina Putri, 160201108 (2021) Upaya Orang Tua Di Desa Aneuk Galong Titi Dalam Mengatasi Problematika Akhlak Pada Anak SMP/MTs Di Masa Covid-19. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Orang Tua Di Desa Aneuk Galong Titi Dalam Mengatasi Problematika Akhlak Pada Anak SMP/MTs Di Masa Covid-19] Text (Upaya Orang Tua Di Desa Aneuk Galong Titi Dalam Mengatasi Problematika Akhlak Pada Anak SMP/MTs Di Masa Covid-19)
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan smartphone selama pandemi covid-19 untuk kegiatan belajar bagi anak menjadikan anak meninggalkan rasa kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Perkataan orang tua seringkali diabaikan oleh anak ketika sedang fokus memegang smartphone. Bahkan ada anak yang tega membentak orang tuanya karena telah menganggu aktivitas handphone-nya ketika mendapat teguran, nasehat atau mendapat permintaan tolong dari orang tuanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika akhlak anak di masa covid-19, kesulitan orang tua dalam mengatasi problematika akhlak pada anak dan untuk mengetahui upaya orang tua dalam mengatasi problematika akhlak pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian 8 orang tua dan 8 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, problematika akhlak anak berupa: a) anak kecanduan terhadap smartphone, b) anak kurang patuh kepada orang tua, c) kurangnya sopan santun anak kepada orang tua, d) anak acuh terhadap sekeliling dan lingkungan sekitar. Kesulitan orang tua dalam mengatasi problematika akhlak pada anak yaitu keterbatasan waktu, anak yang acuh terhadap teguran, dan orang tua yang tidak menguasai teknologi smartphone. Upaya orang tua dalam mengatasi problematika akhlak pada anak adalah dengan memberikan nasehat, melakukan pengawasan, memberikan hukuman, mengajarkan nilai-nilai keagamaan dan memberikan contoh teladan yang baik. Dapat disimpulkan upaya yang dilakukan orang tua di gampong Aneuk Galong Titi dalam mengatasi problematika akhlak sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Gebrina Putri Putri
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:15
Last Modified: 12 Jul 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30237

Actions (login required)

View Item
View Item