Desi Arliani, 140213002 (2018) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dengan Menggunakan Instrumentasi Dcm di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.
Desi Arliani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Form B dan Form D Desi Arliani.pdf
Download (983kB) | Preview
Abstract
Pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari masalah yang berkaitan dengan kesulitan belajar. Penelitian yang berjudul “Analisis Kesulitan Belajar Siswa dengan Menggunakan Instrumentasi DCM di SMP Negeri 18 Banda Aceh”. Kesulitan belajar dalam penelitian ini difokuskan pada kesulitan memusatkan perhatian ketika belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesulitan belajar yang muncul pada siswa (2) penyebab kesulitan belajar siswa (3) strategi penanganan kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bersifat naturalistik, dengan subjek penelitian berjumlah tujuh responden, yaitu: siswa, guru BK dan Wali Kelas. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan instrumentasi DCM diketahui siswa kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh sebagian besar mengalami masalah sulit memusatkan perhatian sebesar 13,2%. Masalah kesulitan belajar sulit memusatkan perhatian dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal ialah kurangnya minat dan motivasi dari diri siswa tersebut. Sedangkan faktor eksternal ialah cenderung dipengaruhi oleh kelompok pertemanan. Strategi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan memberikan bimbingan dan remidial kepada siswa serta memberikan layanan konseling individual. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh ialah kesulitan memusatkan perhatian. Faktor penyebab kesulitan belajar adalah kurangnya minat dan motivasi belajar siswa dan pengaruh teman, sehingga mengurangi fokus dan keseriusan dalam belajar. Dua hal tersebut berimplikasi pada sulitnya siswa memusatkan perhatian dalam belajar. Adapun strategi yang dipandang tepat adalah melalui pemberian bimbingan belajar dan layanan konseling individual.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Saifullah, M.Ag 2. Qurrata A’yuna, M.Pd., Kons |
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kesulitan Belajar, Instrumentasi DCM |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling |
Depositing User: | Desi Arliani |
Date Deposited: | 21 Mar 2018 04:33 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 04:33 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3026 |