Analisis Kinerja Nazhir Pada Pemanfaatan dan Pengelolaan Wakaf Untuk Operasional Dayah di Kecamatan Pidie

Nazhifa Adila, 190102042 (2023) Analisis Kinerja Nazhir Pada Pemanfaatan dan Pengelolaan Wakaf Untuk Operasional Dayah di Kecamatan Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kinerja Nazhir Pada Pemanfaatan dan 	Pengelolaan Wakaf Untuk Operasional Dayah di 	Kecamatan Pidie] Text (Analisis Kinerja Nazhir Pada Pemanfaatan dan Pengelolaan Wakaf Untuk Operasional Dayah di Kecamatan Pidie)
Nazhifa Adila, 190102042, FSH, HES. Skripsii FINALL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Wakaf memegang peranan penting dalam pembangunan agama, pendidikan, ekonomi dan sosial penduduk. Wakaf merupakan aset yang disumbangkan untuk kemanusiaan dalam jangka waktu yang relatif lama. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemanfaatan dan alokasi hasil pengelolaan wakaf, kontribusi dari hasil pengelolaan wakaf dan kinerja nazhir dalam pengelolaan wakaf di kecamatan Pidie untuk operasional dayah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer melalui metode wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan hasil wakaf telah dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan dayah dan masyarakat sekitar untuk kegiataan keagamaan. Kontribusi dari hasil pengelolaan wakaf dapat meningkatkan sarana dan prasarana pembangunan pada dayah. Kinerja nazhir dalam sistem pengelolaan tanah wakaf produktif untuk kebutuhan operasional dayah dilakukan secara agribisnis, tanah wakaf yang ada dayah Kecamatan Pidie mayoritas digunakan untuk kegiatan ibadah dan pendidikan. Pemanfaatan tanah wakaf yang dipilih oleh nazhir adalah dengan cara pendekatan agribisnis, yaitu dengan cara budidaya penanaman padi. Adapun saran dalam permasalahan ini adalah nazhir harus berupaya untuk lebih memaksimalkan lagi pengelolaan dengan membenahi aspek manajemen dan keuangan agar hasil dari pemanfaatan tanah wakaf juga dapat terlihat lebih baik lagi serta peran pemerintah dan instansi terkait tentunya harus lebih besar lagi untuk mendorong strategi-strategi yang dilakukan oleh para nazhir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.252 Wakaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nazhifa Adila Nazhifa
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:50
Last Modified: 13 Jul 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30295

Actions (login required)

View Item
View Item