Penerapan Cooperative Script Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Hasil Belajar Siswa

Asmaul Husna, 170209138 (2021) Penerapan Cooperative Script Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Hasil Belajar Siswa. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan cooperative script dalam meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa] Text (Penerapan cooperative script dalam meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa kelas IV MIN 10 Bener Meriah. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Pre-Eksperimental Disgn yaitu One Group Pretest-Posttest Disgn. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas IV MIN 10 Bener Meriah sebagai kelas dilakukannya eksperimen. Instrumen penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket kepercayan diri, Lembar observasi kepercayaan diri dan tes hasil belajar siswa. Data tersebut dihitung dengan menggunakan rumus, adapun skor rata-rata data keseluruhan lembar angket adalah 3,15% dikategorikan baik, sedangkan pada lembar observasi siswa skor rata-rata yang diperoleh pada pertemuan pertama yaitu 2,41% kategori cukup, kedua 2,99% kategori cukup dan ketiga 3,68% dikategorikan baik dan terlihat ada peningkatan. Analisis data tes hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan rumus N-gain yang diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 43,8 dan rata-rata posttest sebesar 69,85. Artinya kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar, sehingga diperoleh nilai rata-rata N-gain 0,047 kategori sedang dan rumus uji-t dengan kriteria signifikan < 0,05 maka Ho ditolak dan jika nilai signifikan ≥ 0,05 maka Ho diterima. Maka hasil analisis data diperoleh nilai signifikan (sig. 2 tailed) sebesar ,000. Karena 0,000 < 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian jika nilai signifikan kurang dari 0,05 maka pengambilan keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative script pada pembelajaran Tema 4 (Berbagai Pekerjaan) Sub Tema 1 (Jenis-jenis Pekerjaan).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asmaul Husna Asmaul
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:00
Last Modified: 13 Jul 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30297

Actions (login required)

View Item
View Item