Perancangan Aplikasi Al-Qur'an Tilawah Digital Berbasis Android Menggunakan Kodular

Farizan Irhamullah, 160212022 (2023) Perancangan Aplikasi Al-Qur'an Tilawah Digital Berbasis Android Menggunakan Kodular. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perancangan Aplikasi  Al-Qur'an Tilawah Digital Berbasis Android Menggunakan Kodular] Text (Perancangan Aplikasi Al-Qur'an Tilawah Digital Berbasis Android Menggunakan Kodular)
Farizan Irhamullah, 160212022, FTK, PTI, 081375033829.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Rancangan aplikasi Al-Qur'an tilawah berbasis android dapat menarik minat para mahasiswa jurusan PTI UIN Ar-Raniry untuk terbiasa bertilawah. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi-aplikasi Al-Qur'an yang ada sebelumnya, rancangan ini terdapat fitur panduan irama dan tajwid, pada aplikasi-aplikasi Al- Qur'an lain tidak terdapat fitur irama bacaan tersebut. Fitur ini diharapkan menjadi daya tarik tersendiri untuk bertilawah. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi Al-Qur'an tilawah digital berbasis android menggunakan kodular dan untuk mengetahui aplikasi tersebut memudahkan penggunana bertilawah. Metode penelitian ini menggunakan metode model pengembangan ADDIE dengan tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dari mahasiswa PTI UIN Ar-Raniry. Media sebelumnya dievaluasi oleh ahli media dan ahli materi. Target pengujian dalam melakukan usability testing berjumlah 25 orang. Kuisioner yang digunakan mengacu pada System Usability Scale (SUS). Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk skor ahli media adalah 90,5 dan skor rata-rata untuk ahli materi adalah 86,8 sehingga dari kedua uji ahli tersebut masuk ke dalam kategori Sangat Baik dan Sangat Layak untuk dijadikan sebagai aplikasi penunjangan tilawah Al-Qur'an digital ditinjau dalam hal isi, bentuk dan penggunaannya. Sedangkan berdasarkan target pengujian menggunakan usability testing didapatkan skor rata-rata hasil akhir pada angka 74,7 yang secara percentile rank menunjukan grade “C” dan secara adjective rank mendapat rating “good”. Oleh karena itu, aplikasi ini diklasifikasikan telah memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna dengan interface yang cukup mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Farizan Irhamullah
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:28
Last Modified: 14 Jul 2023 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30300

Actions (login required)

View Item
View Item