Strategi Pengawasan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh dalam Reduksi Tingkat Fraud pada Penyelenggara Travel Umrah dan Haji Khusus

Nurmasyithah, 201008027 (2022) Strategi Pengawasan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh dalam Reduksi Tingkat Fraud pada Penyelenggara Travel Umrah dan Haji Khusus. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Travel Umrah dan Haji Khusus] Text (Travel Umrah dan Haji Khusus)
Nurmasyithah, 201008027, PASCA, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Maraknya penipuan yang terjadi pada travel haji dan umrah yang gagal memberangkatkan jamaahnya sehingga membuat jamaah merasa dirugikan, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana peran dari Kementerian Agama selaku instansi pemerintah yang memiliki kewenangan dalam melakukan pengawsan terhadap travel penyelenggara haji dan umrah. Penulisan tesis ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah dengan menerapkan tertib disiplin penyelenggara travel melalui apikasi Siskopatuh (Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus). Mekanisme pelaksanaan dengan pengawasan rutin dan pengawaan insidental dengan teknik pengawasan langsung dan tidak langsung. Implementasi sistem pengawasan yakni dengan memastikan travel penyelenggara umrah dan haji khusus bekerja sesuai standar kerja yang telah di tetapkan. Upaya pencegahan dilakukan secara preventif dan represif berupa kepatuhan terhadap regulasi pembentukan satgas pencegahan serta pengawasan terpadu di bandara. Upaya perbaikan dilakukan dengan memberi perlindungan terhadap jamah dan memberikan kompensasi dengan jaminan yang ada pada Garansi Bank.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurmasyithah Masyithah
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:28
Last Modified: 14 Jul 2023 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30316

Actions (login required)

View Item
View Item