Implementasi Peraturan Bupati Gayo Lues No.10 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Kesejahteraan Janda Miskin Dalam Kabupaten Gayo Lues

Masmi, 170105008 (2023) Implementasi Peraturan Bupati Gayo Lues No.10 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Kesejahteraan Janda Miskin Dalam Kabupaten Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Implementasi Peraturan Bupati Gayo Lues No.10 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Kesejahteraan Janda Miskin Dalam Kabupaten Gayo Lues] Text (Implementasi Peraturan Bupati Gayo Lues No.10 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Kesejahteraan Janda Miskin Dalam Kabupaten Gayo Lues)
Masmi, 170105008, FSH, HTN, 085224961337.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kemiskinan adalah suatu kondisi ketidakmampuan secara ekonomi untuk memenuhi standar hidup rata-rata masyarakat di suatu daerah. Kemiskinan banyak juga dirasakan oleh wanita janda yang menuntut perempuan untuk membantu perekonomian keluarga. Sehingga perempuan bekerja keras mencari nafkah untuk menggantikan suaminya. Pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat miskin terutama para wanita janda, begitu juga pemerintah Gayo Lues berkomitmen untuk melakukan pembangunan terkhusus para wanita janda miskin yang tertuang dalam Peraturan Bupati Gayo Lues Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Kesejahteraan Janda Miskin dalam Kabupaten Gayo Lues. Masalah yang diteliti adalah faktor pendukung Dinas Sosial dalam implementasi Peraturan Bupati Gayo Lues No. 10 tahun 2019 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Kesejahteraan Janda Miskin dalam Kabupaten Gayo Lues. kendala Dinas sosial dalam implementasi Peraturan Bupati Gayo Lues No. 10 tahun 2019 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Kesejahteraan Janda Miskin dalam Kabupaten Gayo Lues Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang didapati bahwa faktor pendukung Dinas Sosial dalam implementasi bantuan tersebut dengan cara melakukan pendataan, memberikan bantuan bantuan sebanyak 1 juta per orang, meninjau lokasi panti jompo yang ada di Kabupaten Gayo Lues. Adapun kendala yang dihadapi oleh Dinas Sosial Kabupaten Gayo Lues yaitu minimnya anggaran, terhapusnya peraturan awal tahun 2021, terpotongnya anggaran akibat Covd-19, perubahan status janda. Penulis berharap agar bantuan tersebut tetap disalurkan meski pemerintahan bupati tersebut berakhir guna untuk menanggulangi kemiskinan terutama pada janda miskin dalam Kabupaten Gayo Lues.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Masmi Masmi
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:53
Last Modified: 18 Jul 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30329

Actions (login required)

View Item
View Item