Pengaruh Implementasi Sharia Governance Terhadap Loyalitas Muzakki Membayar Zakat Di Lazismu Kota Subulussalam

Farid Fauzan, 180603237 (2023) Pengaruh Implementasi Sharia Governance Terhadap Loyalitas Muzakki Membayar Zakat Di Lazismu Kota Subulussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Pengaruh Implementasi Sharia Governance Terhadap Loyalitas Muzakki Membayar Zakat Di Lazismu Kota Subulussalam] Text (Pengaruh Implementasi Sharia Governance Terhadap Loyalitas Muzakki Membayar Zakat Di Lazismu Kota Subulussalam)
Farid Fauzan, 180603237, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prinsip-prinsip dari Sharia Governance terhadap loyalitas muzakki dalam membayar zakat di LAZISMU Kota Subulussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitafif melalui pendekatan penelitian lapangan (field research). Responden pada penelitian ini adalah muzakki LAZISMU Kota Subulussalam sebanyak 95 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dimensi dari prinsip Sharia Governance yaitu independensi dan kepatuhan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas muzakki. Sedangkan dimensi transparansi, akuntabilitas, responsibilitas dan keadilan tidak berpengaruh terhadap loyalitas muzakki dalam membayar zakat di LAZISMU Kota Subulussalam dan secara simultan prinsip Sharia Governance yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, keadilan dan kepatuhan syariah berpengaruh terhadap loyalitas muzakki dalam membayar zakat di LAZISMU Kota Subulussalam. Berdasarkan penelitian ini diharapkan kepada pihak LAZISMU konsisten dalam menerapkan Sharia Governance untuk meningkatkan loyalitas muzakki dalam menyalurkan zakatnya di LAZISMU Kota Subulussalam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Farid Fauzan Farid
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:58
Last Modified: 18 Jul 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30332

Actions (login required)

View Item
View Item