Pengaruh Kesempatan Kerja, Tingkat Pendidikan, Dan Jumlah Penduduk Terhadap Tingkat Pengangguran Di Provinsi Aceh

Iqlima, 160604113 (2023) Pengaruh Kesempatan Kerja, Tingkat Pendidikan, Dan Jumlah Penduduk Terhadap Tingkat Pengangguran Di Provinsi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Pengaruh Kesempatan Kerja, Tingkat Pendidikan, Dan Jumlah Penduduk Terhadap Tingkat Pengangguran Di Provinsi Aceh] Text (Pengaruh Kesempatan Kerja, Tingkat Pendidikan, Dan Jumlah Penduduk Terhadap Tingkat Pengangguran Di Provinsi Aceh)
Iqlima, 160604113, FEBI, IE, 082211968083.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pengangguran merupakan suatu masalah ekonomi sangat besar yang mempengaruhi manusia secara langsung, Apabila penggaguran tidak segara diatasi maka dapat menimbulkan kerawanan sosial serta berpotensi mengakibatkan kemiskinan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh kesempatan kerja, tingkat Pendidikan, dan Jumlah penduduk terhadap tingkat pengangguran diprovinsi Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder, data yang digunakan berupa data Time Series (runtun waktu) dan Cross Section Periode tahun 2016– 2020. Dan model dalam penelitian ini adalah model data panel. Sumber data diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh kesempatan kerja tingkat Pendidikan dan Jumlah penduduk sebesar 74,68%, kesempatan kerja terhadap tingkat pangangguran menunjukkan bahwa peningkatan kesempatan kerja akan menurunkan tingkat pengangguran di kabupaten/kota provinsi Aceh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Iqlima Iqlima
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:26
Last Modified: 21 Jul 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30339

Actions (login required)

View Item
View Item