Pengembangan Alat Permainan Edukatif Lingkaran Angka Untuk Kemampuan Berhitung Permulaan Anak

Yunizar, 180210018 (2023) Pengembangan Alat Permainan Edukatif Lingkaran Angka Untuk Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Alat Permainan Edukatif Lingkaran Angka Untuk Kemampuan Berhitung Permulaan Anak] Text (Pengembangan Alat Permainan Edukatif Lingkaran Angka Untuk Kemampuan Berhitung Permulaan Anak)
Yunizar, 180210018, FTK, PIAUD, 081376202837.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30MB)

Abstract

APE adalah alat permainan yang dirancang untuk mengembangkan aspek perkembangan anak, pentingnya APE bagi anak yaitu merangsang daya pikir anak usia dini dan belajar memahami, menganalisa, serta mengamati berbagai macam APE yang ada pada anak usia 5-6 tahun di TK Sarena Jaya Gampong Padang Jawa, ditemukan permasalahan anak belum bisa berhitung permulaan secara benar dan juga anak masih kebingungan apabila menghitung angka 1-10 secara acak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan APE lingkaran angka untuk kemampuan berhitung permulaan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model ADDIE. Terdapat lima tahapan model ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan lembar validasi ahli media, vallidasi ahli materi dan lembar observasi. uji coba dalam Jumlah kecil dan sedang berjumlah 3 kali dengan Jumlah anak tahap 1 dua anak, tahap 2 delapan anak, dan tahap 3 sembilan anak. Hasil validasi ahli media dilakukan satu kali adalah 71%, dengan kriteria layak, hasil validasi ahli materi dilakukan sekali adalah 88,8% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba yang dilakukan maka alat permainan edukatif lingkaran angka yang dikembangkan untuk kemampuan berhitung permulaan layak digunakan untuk anak usia 5-6 tahun dengan persentase 63,6% kategori berkembang sesuai harapan (BSH).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Yunizar Yunizar
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:27
Last Modified: 21 Jul 2023 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30340

Actions (login required)

View Item
View Item