Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Jenjang SMP/Mts

Hiya Mona Shahally, 180204107 (2023) Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Jenjang SMP/Mts. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Jenjang SMP/Mts] Text (Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Jenjang SMP/Mts)
Hiya Mona Shahally, 180204107, FTK, PFS, 082272454425.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan di SMP 4 Negeri Banda Aceh dalam proses pembelajaran masih menggunakan buku paket dan belum terintegrasi ayat Al-Quran. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya agar tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal diperlukan bahan ajar yang sesuai, sehingga memudahkan dalam proses belajar mengajar, yang dirancang agar peserta didik dapat dengan mudah belajar secara mandiri dan lebih mengetahui bagaimana keterkaitan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan ayat Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pengembangan bahan ajar IPA Terpadu pada materi Tata Surya yang terintegrasi ayat Al-Quran, menilai kelayakan bahan ajar IPA Terpadu menurut penilaian para ahli, dan menguji kepraktisan bahan ajar tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, penerapan, dan evaluasi. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dari ahli media 3 orang, ahli materi fisika 6 orang, dan ahli materi Alquran dan tafsir 4 orang dengan empat kategori penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Desain pengembangan bahan ajar IPA Terpadu pada materi tata surya yang terintegrasi ayat Alquran berada dalam kategori sangat layak, (2) Kelayakan bahan ajar IPA Terpadu pada materi tata surya dengan mengintegrasikan ayat Alquran yang dinilai oleh ahli media berada pada kategori sangat layak (94%), ahli substansi materi fisika juga berada pada kategori sangat layak (87%) dan substansi ahli materi Alquran dan tafsir berada pada kategori sangat layak (93%), (3) Kepraktisan bahan ajar IPA Terpadu mendapatkan hasil dengan kategori praktis (72%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA Terpadu dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Hiya Mona Shahally
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:13
Last Modified: 24 Jul 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30364

Actions (login required)

View Item
View Item