Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Fluida Statis Di Kelas XI SMA/Ma

Yuli Muliana, 180204033 (2023) Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Fluida Statis Di Kelas XI SMA/Ma. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Fluida Statis Di Kelas XI SMA/Ma] Text (Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Fluida Statis Di Kelas XI SMA/Ma)
Yuli Muliana, 180204033, FTK, PFS, 085379875815.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Faktor permasalahan yang mempergaruhi mutu pendidikan ialah kurangnya ketersediaan bahan ajar yang menarik dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya agar tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal diperlukan bahan ajar yang sesuai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian dan pengembangan handout berbasis guided note taking pada materi fluida statis di kelas XI SMA/MA. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendesain bahan ajar handout berbasis duided note taking pada materi fluida statis dan untuk menilai tingkat kelayakan bahan ajar tersebut. Metode yang digunakan adalah R&D dengan mengacu pada model 4D dengan 4 tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Berdasarkan hasil validasi ahli media didapatkan persentase kelayakan 90,78% berkategori sangat layak, dan hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase kelayakan 89,28% berkategori sangat layak sehingga dapat digunakan oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yuli Muliana
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:18
Last Modified: 24 Jul 2023 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30366

Actions (login required)

View Item
View Item