Intan Faiza Ulfa, 160201008 (2023) Persepsi Peserta Didik Sma Negeri 1 Banda Aceh Terhadap Training Esq Sebagai Motivasi Belajar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Persepsi Peserta Didik Sma Negeri 1 Banda Aceh Terhadap Training Esq Sebagai Motivasi Belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Intan Faiza Ulfa, 160201008, FTK, PAI, 082267206722.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
ESQ Leadership Center adalah lembaga Training terpercaya di Indonesia yang fokus pada pengembangan karakter dan Sumber Daya Manusia. Melalui tiga pengabunggan potensi manusia yaitu kecerdasaan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat peserta didik untuk mengikuti training ESQ. Training ESQ juga salah satu program pembinaan karakter di sekolah. Kepala sekolah mengganti program ospek sekolah menjadi program pendidikan dan pembelajaran melalui Training ESQ. Tujuan penelitian dalam skripsi ini untuk mengetahui bagaimana persepsi peserta didik terhadap Training ESQ sebagai motivasi belajar dan sejauhmana tingkat keberhasilan Training ESQ sebagai motivasi belajar di SMAN 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan ialah: bahwa persepsi peserta didik terhadap training ESQ sebagai motivasi belajar sangat baik, Training ini memberikan solusi, inovasi dan pembaharuan pemikiran yang cerdas kepada peserta didik. Training ESQ membuka wawasan luas serta tingkatan sadar lebih tinggi untuk memotivasi belajar peserta didik. Peserta didik dituntun untuk membangkitkan tujuh nilai dasar budi utama yaitu jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, Kerjasama, adil, dan peduli. Peserta didik mengalami peningkatan dalam belajar, dengan digabungkan oleh tiga kecerdasan emosional, spiritual dan intelektual. Adapun faktor penghambat dengan adanya belajar daring memberikan efek yang besar terhadap penurunan prestasi dan motivasi belajar peserta didik. Diawal program Training ESQ, peserta didik adanya peningkatan prestasi dalam belajar. Kemudian memasuki tahun kedua mulailah peningkatan prestasi belajar itu naik turun, dikarenakan covid-19 dan sistem pembelajaran berubah menjadi daring. sistem pembelajaran yang tidak tatap muka langsung ini sangat berpengaruh pada pemahaman, emosional dan motivasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Intan Faiza Ulfa |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 03:30 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 03:30 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30371 |