Dayah Modern Ar-Risalah Dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Datar Luas, Krueng Sabee, Aceh Jaya

Yuni Marlinda, 160501022 (2021) Dayah Modern Ar-Risalah Dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Datar Luas, Krueng Sabee, Aceh Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Dayah Modern Ar-Risalah Dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Datar Luas, Krueng Sabee, Aceh Jaya] Text (Dayah Modern Ar-Risalah Dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Datar Luas, Krueng Sabee, Aceh Jaya)
Yuni marlinda skripsi.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Dayah Modern Ar-Risalah dan Pengaruhnya terhadap Masyarakat Datar Luas, Krueng Sabee, Aceh Jaya.” Dayah sebagai lembaga pendidikan formal tidak hanya mempelajari ilmu-ilmu agama. Dayah juga sebagai wadah penyebaran Islam yang diharapkan dapat terus menerus mewariskan ilmu-ilmu agama upaya memelihara tradisi Islam yang dikembangkan dari pengalaman sosial masyarakat. Tingginya peranan Dayah dalam kehidupan masyarakat juga dapat dijelaskan dengan diterimanya nilai-nilai moral keagamaan yang menggantikan nilai-nilai lama yang tidak terpuji dan lebih dulu ada di dalam masyarakat. Hubungan antara masyarakat dengan dayah juga sangat erat karena dengan adanya dayah tersebut masyarakat sudah bisa belajar tentang ilmu agama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui latar belakang berdirinya Dayah Modern Ar-Risalah dan peranannya terhadap masyarakat Datar Luas, Krueng Sabee, Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejak berdirinya Dayah Modern Ar-Risalah, masyarakat menjadi lebih aktif berbahasa Asing seperti bahasa Arab dan Inggris, yang merupakan keterpaduan antara ilmu duniawi dan ukhrawi. Dayah juga siap mendidik masyarakat dari nol yang berorientasi kepada mulia di dunia dan bahagia di akhirat. Peran dayah sebagai lembaga pendidikan berbasis Islam ialah menjadikan masyarakat lebih beraqidah ahlus-sunnah wal-jama’ah, menghindarkan mereka dari syirik, bid’ah, khurafat, dan lebih memahami apa itu liberal dan aliran sesat, serta menjauhkan dari pengaruh narkoba. Berangkat dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh Dayah Modern Ar-Risalah terhadap masyarakat Datar Luas terlihat dari adanya perubahan atau peningkatan di berbagai bidang dalam kehidupan masyarakat Datar Luas, seperti pendidikan, ekonomi, maupun rasa keislamannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.5 Hubungan individu dengan masyarakat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Yuni Marlinda Linda
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:09
Last Modified: 25 Jul 2023 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30373

Actions (login required)

View Item
View Item