Profesionalisme Kerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Camat Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya

Cut Anggru Anggiria Az-Zahra, 190403030 (2023) Profesionalisme Kerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Camat Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Profesionalisme Kerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Camat Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya] Text (Profesionalisme Kerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Camat Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya)
Cut Anggru Anggiria Az Zahra, 190403030, FDK, MD, 0853181634.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Profesionalisme kerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan publik di kantor Camat Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya. Masih kurangnya profesional dalam bekerja sebagai aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti perlakukan yang kurang adil, lemahnya tanggug jawab aparatur, masih kurangnya kedisiplinan dan kurangnya informasi yang diberikan kantor camat kepada masyarakat. Hal ini yang menarik bagi penulis untuk mengangkat sebuah penelitian dengan judul Profesionalisme Kerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kantor camat Lembah Sabil. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana bagaimana profesionalisme kerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan publik di kantor camat Lembah Sabil dan apa tantangan dan upaya dalam profesionalisme kerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan publik di Kantor Camat Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan analisis data yang di gunakan adalah deskripsi dengan jumlah informan sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme kerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan publik dalam hal ini kemampuan, kedisiplinan sikap berorientasi para pegawai dalam bekerja sudah cukup baik, karena sudah dibekali pelatihan-pelatihan agar memiliki kemampuan kerja yang professional, meskipun terkadang sesekali masih ada yang melanggar. Kemudian masih kurangnya sikap adil yang diberikan pegawai kantor Camat kepada masyarakat dimana ketika melayani masyarakat masih memilih kasih dalam penyelesain suatu urusan. Tantangan yang di hadapi pegawai dalam meningkatkan profesionalisme kerja adalah kurangnya partisipasi dari masyarakat untuk bertanya, kurangnya dukungan dari sarana dan prasarana , bekerja bukan berdasarkan keahlian dan kemampuan yang dimiliki, dan adanya tugas-tugas dan masalah pribadi dan keluarga yang harus diselesaikan. Sedangkan upaya yang di lakukan untuk meningkatkan profesionalisme kerja dan menghadapi tantangan yang ada adalah lebih bersikap ramah kepada masyarakat, meningkatkan dukungan sarana dan prasarana, bersikap lebih adil lagi dan melakukan evaluasi dalam mengelola terkait stakeholder atau pembagian tugas kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Cut Anggru Anggiria Az-Zahra
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:11
Last Modified: 25 Jul 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30377

Actions (login required)

View Item
View Item