Eksistensi Seni Top Daboih Di Kecamatan Susoh Aceh Barat Daya

Alif Annisa Zefita, 1601501025 (2021) Eksistensi Seni Top Daboih Di Kecamatan Susoh Aceh Barat Daya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Eksistensi Seni Top Daboih Di Kecamatan Susoh Aceh Barat Daya] Text (Eksistensi Seni Top Daboih Di Kecamatan Susoh Aceh Barat Daya)
ALIF ANNISA ZEFITA,160501025, SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM, FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA,082281167292.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Eksistensi Seni Top Daboih di Kecamatan Susoh Aceh Barat Daya. Karya ilmiah menggunakan penulisan kualitatif, pengumupulan data, obesrvasi, wawancara dan telaah dokumen. Hasil dari penelitian yang didapat oleh penulis ialah : 1.) untuk mengetahui motivasi masyarakat susoh bermain Top Daboih, 2.) untuk mengetahui pengaruh Top Daboih terhadap masyarakat susoh, 3.) untuk mengetahui eksistensi daboih sebagai salah satu kesenian di Susoh. Top Daboih merupakan kesenian yang sudah ada sejak jaman dahulu yang digunakan sebagai benteng pertahanan melawan belanda. Top Daboih dikenal sebagai kesenian yang mengandung makna mistis bagi sebagian besar masyarakat, terutama masyarakat Susoh. Eksistensi masyarakat Susoh terhadap kesenian seni Top Daboih masih banyak menimbulkan spekulasi dan pendapat. Jadi disini dirasa perlu memberikan pengetahuan dan nilai-nilai luhur yang terdapat dalam kesenian Top daboih ini kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Alif Annisa Zefita Tata
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:46
Last Modified: 24 Jul 2023 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30378

Actions (login required)

View Item
View Item