Optimalisasi Media Komunikasi Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Zakat Dan Penyaluran Zakat Pada Baitul Mal Kabupaten Bireuen

Farida Hanum, 170401022 (2022) Optimalisasi Media Komunikasi Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Zakat Dan Penyaluran Zakat Pada Baitul Mal Kabupaten Bireuen. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Optimalisasi Media Komunikasi Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Zakat Dan Penyaluran Zakat Pada Baitul Mal Kabupaten Bireuen] Text (Optimalisasi Media Komunikasi Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Zakat Dan Penyaluran Zakat Pada Baitul Mal Kabupaten Bireuen)
Farida Hanum, 170401022, FDK, KPI, 081265149904.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Optimalisasi Media Komunikasi Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Zakat dan Penyaluran Zakat Pada Baitul Mal Kabupaten Bireuen”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah media komunikasi apa saja yang dianggap efefktif dalam penerimaan dan penyaluran zakat pada Baitul Mal Kabupaten Bireuen, bagimana langkah-langkah optimalisasi media komunikasi yang dilakukan, dan apa saja hambatan yang muncul dalam upaya optimalisasi penerimaan dan penyaluran zakat pada Baitul Mal Kabupaten Bireuen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media komunikasi apa saja yang dianggap efefktif dalam penerimaan dan penyaluran zakat, bagimana langkah-langkah optimalisasi media komunikasi yang dilakukan, dan apa saja hambatan yang muncul dalam upaya optimalisasi penerimaan dan penyaluran zakat pada Baitul Mal Kabupaten Bireuen. Metodelogi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Informasi penelitian terjadi dari beberapa pengurus Baitul Mal Kabupaten Bireuen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dan kesimpulan penelitian diketahui bahwa media komunikasi yang dianggap efektif dalam penerimaan dan penyaluran zakat ialah dengan optimalisasi media komunikasi menggunakan media cetak dan online dan jugak memberikan edukasi terkait penerimaan dan penyaluran zakat. Kesimpulannya ialah Baitul Mal Kabupaten Bireuen dalam mengoptimalkan media komunikasi dilakukan dengan cara sosialisai serta melalui media cetak dan media online. Namun, masih ada beberapa alternatif media sosia yang belum digunaklan dalam penyebaran informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Farida Hanum
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:53
Last Modified: 25 Jul 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30393

Actions (login required)

View Item
View Item