Perilaku Berbusana Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Studi Fenomenologis terhadap Praktek Berbusana pada Subjek Feminis)

Marzuki Abubakar, 2001018402 (2015) Perilaku Berbusana Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Studi Fenomenologis terhadap Praktek Berbusana pada Subjek Feminis). Project Report. Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Ar-Raniry, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Membahas perilaku berbusana mahasiswi UIN Ar-Raniry)
Marzuki.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (957kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perilaku Berbusana Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh”, sebuah studi fenomenologis terhadap praktek berbusana pada subjek feminis. Fenomena mahasiswa UIN Ar-Raniry yang berbusana dalam dua keadaan, di dalam dan di luar kampus merupakan masalah yang menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana praktek berbusana mahasiswi UIN Ar-Raniry di kampus dan di luar kampus? Faktor apa yang menyebabkan munculnya dualisme praktek dalam berbusana antara di dalam dan di luar kampus pada mahasiswi UIN Ar-Raniry? Apa saja solusi yang dapat dilakukan untuk mengaktualisasikan perilaku terpuji dalam berbusana pada mahasiswi UIN Ar-Raniry? Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis dengan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah: Bentuk dari praktek dualisme berbusana di kalangan mahasiwi UIN Ar-Raniry dapat dikategorikan ke dalam 2 (dua) model berikut, yaitu Model Budaya Islam dan Model Dualisme. Faktor penyebab dominan yang sangat mempengaruhi mahasiswi dalam berbusana dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) domain besar, yaitu Budaya, Pendidikan, dan lingkungan Solusi yang dapat dilakukan untuk aktualisasi perilaku terpuji khususnya dalam hal berbusana di kalangan mahasiwi UIN Ar-Raniry adalah: Kajian Islam Rutin, Sanksi bagi pelanggaran kode etik; Komite Penanggungjawab Kode etik mahasiswa; Sosialisasi kode etik melalui dosen dalam ruangan kelas; Keteladanan dari dosen, pimpinan, dan karyawan kampus; serta Amal ma’ruf dan nahi munkar di dalam dan luar kampus bagi dosen.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian UIN Ar-Raniry: Dr. Maskur; Peneliti: Marzuki, S.Pd.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Perilaku Mahasiswi, Berbusana, Fenomenologis
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics, Moral Philosophy (Etika dan Filsafat Moral)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ms Yusrawati UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:25
Last Modified: 16 Aug 2017 05:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item
TOP