Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di SMP Negeri 1 Banda Aceh

Widya Zarni, 190207053 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Media pembelajaran adalah suatu meda yang digunakan saat proses pembelajaran dan untuk mempermudah guru saat menjelaskan materi yang sulit dipahami] Text (Media pembelajaran adalah suatu meda yang digunakan saat proses pembelajaran dan untuk mempermudah guru saat menjelaskan materi yang sulit dipahami)
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aandroid Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di SMP Negeri 1 Banda Aceh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)
[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aandroid Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di SMP Negeri 1 Banda Aceh.pdf] Text
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aandroid Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di SMP Negeri 1 Banda Aceh.pdf

Download (16MB)

Abstract

Proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Banda Aceh berjalan dengan baik, tetapi kurang bervariasi, solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan menghadirkan media pembelajaran berbasis android. Salah satu yang melatar belakangi dikembangkan media pembelajaran berbasis android pada materi sistem peredaran darah ini adalah kurangnya penggunaan media pendukung pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran berlangsung.Penelitian ini ertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi sistem peredaran darah di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) mengacu pada model 4-D yang meliputi tahapan define, design, develop dan dessimination. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi dan 30 peserta didik kelas VIII/4 SMPN 1 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data berupa uji kelayakan dan angket respon siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar uji kelayakan media, uji kelayakan materi dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data uji kelayakan dan respon siswa menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran berdasarkan kualitas media dan materi diperoleh hasil keseluruhan nilai validasi 86,8% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon siswa terhadap media diperoleh 87% dengan kriteria sangat positif.Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada materi sistem peredaran darah dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk peserta didik di SMPN 1 Banda Aceh.Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Berbasis Android, Sistem Peredaran Darah, Kelayakan, Respon Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 573 Sistem Fisiologi Spesifik pada Hewan, Histologi dan Fisiologi Regional pada Hewan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Widya Zarni Widya
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:15
Last Modified: 26 Jul 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30408

Actions (login required)

View Item
View Item