Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Non Formal dalam Pembinaan Karakter Santri di Dayah Modern Arun Lhokseumawe

Fadlil Haqqi, 170206063 (2022) Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Non Formal dalam Pembinaan Karakter Santri di Dayah Modern Arun Lhokseumawe. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Non Formal dalam Pembinaan Karakter Santri di Dayah Modern Arun Lhokseumawe] Text (Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Non Formal dalam Pembinaan Karakter Santri di Dayah Modern Arun Lhokseumawe)
SKRIPSI Fadlil (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter bukan hanya sekadar menanamkan mana yang benar dan salah. Pendidikan karakter merupakan usaha menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik (habituation). Sehingga peserta didik mampu bersikap dan bertindak berdasarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya, harus melibatkan pengetahuan yang baik (moral knowing), perasaan yang baik atau loving good (moral feeling) dan perilaku yang baik (moral action), sehingga terbentuk perwujudan kesatuan perilaku dan sikap hidup peserta didik. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui program-program apa saja yang harus di lakukan oleh Ustad Dayah dalam pembinaan karakter santri, untuk mengetahui bentuk aplikasi program pembinaan karakter santri, dan untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan program pembinaan karakter santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah Madrasah Aliyah, Kepala Pengasuh dan Ustad Pengasuh. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Pesantren sebagai lembaga pendidikan non formal dalam pembinaan karakter santri Dayah Modern Arun Lhokseumawe dapat dilihat dari program-program yang dilakukan oleh Ustad Dayah dalam pembinaan karakter santri. yang meliputi: pendidikan keaksaraan, pendidikan vokasional, pendidikan kader, pendidikan umum dan pendidikan penyegaran jiwa raga. (2) bentuk aplikasi program pembinaan karakter santri pada Dayah Modern Arun yaitu: komunikasi dan sumber daya (3) Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan di Dayah Modern Arun Lhokseumawe peneliti melihat adanya kendala dalam yang dihadapi Dayah Modern Arun dalam pelaksanaan program pembinaan karakter santri yaitu terdapat kendala dari orang tua santri yang kadang tidak mendukung dengan aturan-aturan yang ada di dayah. Kemudian juga ada kendala dari segi kinerja dari sumber daya Dayah Modern Arun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fadlil Haqqi Fadlil
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:06
Last Modified: 27 Jul 2023 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30411

Actions (login required)

View Item
View Item