Analisis Framing Model Muray Edelman Pada Pemberitaan Pemilihan Presiden 2019 Di Serambinews.Com Dengan Republika.Co.Id

Rayyan Sofyan, 150401019 (2020) Analisis Framing Model Muray Edelman Pada Pemberitaan Pemilihan Presiden 2019 Di Serambinews.Com Dengan Republika.Co.Id. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Framing Model Muray Edelman Pada Pemberitaan Pemilihan Presiden 2019 Di Serambinews.Com Dengan Republika.Co.Id] Text (Analisis Framing Model Muray Edelman Pada Pemberitaan Pemilihan Presiden 2019 Di Serambinews.Com Dengan Republika.Co.Id)
1. COVER RAYYAN (2) - NEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi “Analisis Framing Model Murray Edelman Pada pemberitaan pemilihan presiden 2019 di serambinews.com dengan republika.co.id”. menelaah bagaimana media online Serambinews.com dan Republika.co.id membingkai pemberitaan pilpres 2019 sebelum dilaksanakannya kampanye pada edisi September 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana media Serambinews.com dan Republika.co.id mengkonstruksi realitas dalam pemberitaan pemilihan presiden 2019 periode September 2018, dan Untuk mengetahui faktor yang membentuk perspektif wartawan ketika menyeleksi isu. Metodologi yang digunakan bersifat kualitatif dan verifikatif dengan teknik analisis framing. Hasil penelitian menunjukkan pemberitaan media Serambinews.com tampak mendukung pasangan calon presiden nomor urut 01 ada lima berita dan Berita yang tampak cenderung pada pihak pasangan calon presiden nomor urut 02 ada dua berita. Sedangkan selebihnya, ada tiga berita yang tidak cenderung ke pihak manapun. Sedangkan hasil dari analisis pemberitaan di media Republika.co.id bahwa pemberitaan Republika.co.id terkait pemilu presiden 2019 edisi September 2018 terdapat dua berita yang mengarah pada tim pemenangan Prabowo-Sandi, dua berita yang mengarah pada pihak KPU terkait berita jumlah data DPT yang dirilis, dan terdapat satu berita yang tidak mengandung unsur memihak kelompok manapun. Dari kedua media tersebut juga dapat disimpulkan bahwa faktor yang membentuk perspektif wartawan dalam menyeleksi isu pada media bersumber dari faktor bergabungnya sejumlah pemilik media ke salah satu kubu capres pada pilpres lalu, semakin menunjukkan adanya kecenderungan kuat media membuat agenda setting dan framing berita sampai sekarang ini semakin masif dan terstruktur. Rekomendasi dari peneliti untuk peneliti selanjutnya, agar penelitian mengenai analisis framing ini dapat menjadi acuan untuk penelitian-penelitian selanjutnya, agar menghasilkan penelitian yang lebih bagus dan berkembang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rayyan Sofyan Rayyan
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:40
Last Modified: 26 Jul 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30421

Actions (login required)

View Item
View Item