Analisis Fungsi Self-Talk Dalam Merasionalkan Pikiran Negatif

Karmila Yanti, 170402002 (2023) Analisis Fungsi Self-Talk Dalam Merasionalkan Pikiran Negatif. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Fungsi Self-Talk Dalam Merasionalkan Pikiran Negatif] Text (Analisis Fungsi Self-Talk Dalam Merasionalkan Pikiran Negatif)
Karmila Yanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Fungsi Self-Talk Dalam Merasionalkan Pikiran Negatif”, bertujuan untuk menganalisis fungsi Self-Talk dalam merasionalkan pikiran negatif dan fungsi Self-Talk dalam mengimplementasikan pikiran negatif. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif yang bersifat studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan yang digunakan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa fungsi Self-Talk dalam merasionalkan pikiran negatif ialah dengan mengurangi rasa kesepian, kecemasan, dan gejala depresi. Memotivasi diri untuk mencapai tujuan hidup. Membantu mengendalikan hidup sehingga menjadi lebih teratur serta meringankan tekanan dalam hidup sehingga tidak stres. Fungsi Self-Talk dalam mengimplementasikan pikiran negatif ditunjukkan dengan menurunnya permasalahan yang dihadapi seseorang berkaitan dengan keyakinan- keyakinan irasional yang ada pada dirinya. Seseorang mampu memisahkan keyakinan-keyakinan rasional dan keyakinan irasional dan mengalami kesadaran bahwa dirinya hanya mempertahankan gangguan-gangguan emosionalnya untuk tetap aktif dengan terus menerus berpikir secara pikiran negatif atau irasional dan mengulang-ulang kalimat atau perkataan yang mengalahkan diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Karmila Yanti Karmila
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:07
Last Modified: 26 Jul 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30430

Actions (login required)

View Item
View Item