Peran Keuchik Terhadap Peningkatan Kinerja Aparatur Gampong Pawoh Di Kecamatan Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan

Muhammad Thahiran, 180802041 (2023) Peran Keuchik Terhadap Peningkatan Kinerja Aparatur Gampong Pawoh Di Kecamatan Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Keuchik Terhadap Peningkatan Kinerja Aparatur Gampong Pawoh Di Kecamatan Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan] Text (Peran Keuchik Terhadap Peningkatan Kinerja Aparatur Gampong Pawoh Di Kecamatan Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Keuchik selaku pemimpin Gampong memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan roda pemerintahan Indonesia beserta dengan aparatur Gampongnya. Aparatur Gampong merupakan bagian dari Pegawai kinerja pemerintah Gampong yang betugas membantu kerja Keuchik dalam melayani masyarakat. Aparatur Gampong Pawoh dibawah kendali kepemimpinan Keuchik dalam menjalankan roda pemerintahan Gampong belum memadai kualitas kinerja yang dicapai dari sisi etos kerja aparatur terhadap jam kerja yang belum maksimal, kekurangan dalam memahami teknologi pada komputer, dan rendahnya tingkat pendidikan aparatur Gampong Pawoh di kecamatan Labuhanhaji. Maka dari itu Keuchik selaku pimpinan pemerintahan memiliki peran dan fungsinya secara optimal terhadap kinerja aparatur. Bagaimana Peran Keuchik Terhadap Peningkatan kinerja aparatur Gampong Pawoh di Kecamatan Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan, dan Bagaimana peningkatan kinerja aparatur dalam pembangunan Gampong Pawoh di Kecamatan Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kulitatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Kelemahan yang ditemukan dalam melaksanakan roda pemerintahan Gampong Pawoh bukanlah pada sistem pemerintahan Gampong melainkan pada etos kerja aparatur Gampong yang masih belum memadai terhadap fungsi dan tugas yang diemban dari setiap aparatur. Oleh karena itu keberadaan peran Keuchik dalam memajukan Gampong memiliki pengaruh yang besar dengan memperhatikan perangkat Gampong sebagai kinerja utama dalam melaksanakan tugas administrasi di pemerintahan. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya dari kinerja aparatur Gampong diperlukan bimbingan dan pelatihan. Peran Keuchik melalui pelatihan kepada setiap aparatur Gampong dapat meningkatkan etos kerja aparataur Gampong menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Muhammad Thahiran Iran
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:14
Last Modified: 26 Jul 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30431

Actions (login required)

View Item
View Item