Desain Trainer Rangkaian Snubber Untuk Praktikum Elektronika Daya

Zarkawi, 180211057 (2023) Desain Trainer Rangkaian Snubber Untuk Praktikum Elektronika Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Desain Trainer Rangkaian Snubber Untuk Praktikum Elektronika Daya] Text (Desain Trainer Rangkaian Snubber Untuk Praktikum Elektronika Daya)
Zarkawi, 180211057, FTK, PTE, 082272926156_compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Trainer rangkaian snubber berperan penting sebagai salah satu komponen yang dapat mencegah terjadinya kerusakan komponen switching pada trainer praktikum di mata kuliah Elektronika Daya. Trainer rangkaian snubber ini belum ada pada laboratorium listrik Pendidikan Teknik Elektro Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, maka trainer perlu diadakan agar memudahkan mahasiswa dalam melakukan praktikum pada mata kuliah Elektronika Daya dan dapat mencegah terjadinya kerusakan pada trainer lain. Adapun tujuan dari pembuatan trainer rangkaian snubber ini adalah untuk menunjang salah satu pembelajaran praktikum pada mata kuliah Elektronika Daya agar mahasiswa dapat lebih mudah dan maksimal dalam menjalankan praktikum. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan 7 tahap dari 10 tahap yang ada pada metode ini. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli untuk menguji kelayakan pada trainer. Penelitian ini melibatkan 2 orang dosen sebagai validator ahli untuk menguji kelayakan trainer rangkaian snubber. Selanjutnya hasil validasi yang diproleh dari kedua ahli adalah mencapai 89% dengan kategori “sangat layak” yang menunjukan bahwa trainer ini sudah layak digunakan dalam praktikum pada mata kuliah Elektonika Daya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Trainer Rangkaian Snubber yang telah dibuat dapat digunakan untuk pembelajaran praktikum rangkaian snubber pada mata kuliah Elektronika Daya berdasarkan uji validitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Zarkawi Zarkawi
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:21
Last Modified: 26 Jul 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30432

Actions (login required)

View Item
View Item