Analisis Penjualan Barang Gadaian Dalam Etika Ekonomi Syariah (Studi Di Kecamatan Tringgadeng Kabupaten Pidie Jaya)

Rahmad Zulfan, 211008038 (2023) Analisis Penjualan Barang Gadaian Dalam Etika Ekonomi Syariah (Studi Di Kecamatan Tringgadeng Kabupaten Pidie Jaya). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Penjualan Barang Gadaian Dalam Etika   Ekonomi Syariah (Studi Di Kecamatan Tringgadeng Kabupaten Pidie Jaya)] Text (Analisis Penjualan Barang Gadaian Dalam Etika Ekonomi Syariah (Studi Di Kecamatan Tringgadeng Kabupaten Pidie Jaya))
8. FULL TESIS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dalam Penelitian ini membahas tentang Analisis Penjualan Barang Gadaian Dalam Etika Ekonomi Syariah, penelitian ini mengenai bagaimana proses jual beli sawah yang tergadai, dan bagaimana analisis etika ekonomi syariah dalam jual beli sawah yang tergadai. Penelitian ini menggunakan pendekatan dekskriptif kualitatif yaitu, penelitian yang berupaya mengangkat menuturkan, dan menafsirkan data dari fakta, keadaan dan fenomena-fenomena yang terjadi saat penelitian berlansung dan menyajikan data yang apa adanya.Hasil penelitian adalah proses pelaksanaan gadai sawah yang mana akad dari transaksi kedua belah pihak masih bersifat tradisional atau masih melakukan perjanjian hanya berdasarkan sebuah ingatan dan menuliskan jumlah pinjaman atas jaminan lahan sawahnya di atas kertas kwitansi kemudian di tanda tangani oleh kedua belah pihak yaitu Rahin dan Murtahin, dan jika terjadi masalah pada saat akhir penyelesaian gadai maka kedua belah pihak menyelesaikan masalahnya secara musyawarah. Kemudian proses pelaksanaan jual-beli sawah tergadai yaitu ketika pemilik lahan sawah belum mampu menyelesaikan akad gadai atau melunasi utang dengan jaminan lahan sawahnya kepada pemilik modal/penerima gadai maka dia sendiri yang menginginkan untuk menjual lahan sawah tersebut dan menentukan harga jual kemudian total harga penjualan sawah ini di kurangi dengan jumlah pinjaman gadainya. Selanjutnya, dianalisis dari kelima prinsip-prinsip etika ekonomi syariah yaitu prinsip kesatuan, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab dan prinsip kejujuran/kebajikan. Dari kelima prinsip-prinsip etika ekonomi syariah di atas dalam transaksi jual beli sawah gadai, memenuhi 3 poin yaitu kehendak bebas, prinsip tanggung jawab, prinsip kebijakan Adapun 2 poin prinsip etika bisnis Islam yang tidak sesuai yaitu, prinsip kesatuan dan keseimbangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahmad Zulfan Rahmad
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:49
Last Modified: 26 Jul 2023 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30434

Actions (login required)

View Item
View Item