Analisis Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dan Masyarakat Terhadap Sertifikasi Halal Produk Makanan (Studi Pada Kuliner Kue Tradisional Aceh di Desa Lampisang Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar)

M. Syauqi Syaifuddin, 160602055 (2023) Analisis Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dan Masyarakat Terhadap Sertifikasi Halal Produk Makanan (Studi Pada Kuliner Kue Tradisional Aceh di Desa Lampisang Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dan Masyarakat Terhadap Sertifikasi Halal Produk Makanan (Studi Pada Kuliner Kue Tradisional Aceh di Desa Lampisang Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar] Text (Analisis Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dan Masyarakat Terhadap Sertifikasi Halal Produk Makanan (Studi Pada Kuliner Kue Tradisional Aceh di Desa Lampisang Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar)
Muhammad Syauqi Syaifuddin, 160602055, FEBI, ES, 082288115292.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup diantaranya dengan melakukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), UMKM adalah bagian integral dari dunia usaha, merupakan kegiatan ekonomi rakyat yang mempunyai kedudukan, peran dan potensi strategis untuk mewujudkan struktur perekonomian nasional yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pelaku UMKM kue tradisional dan masyarakat di desa Lampisang terhadap pentingnya sertifikasi halal pada produk kue tradisional Aceh di desa Lampisang kecamatan Peukan Bada kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sampel penelitian sebanyak 21 informan yang terdiri dari 1 informan kunci, 10 informan utama dan 10 informan pendukung yang berada di desa lampisang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, selanjutnya data akan dianalisis sesuai dengan hasil wawancara langsung dengan informan. Penelitian menemukan bahwa Pelaku UMKM kue tradisional Aceh dan masyarakat di desa Lampisang memiliki persepsi bahwa sertifikasi halal pada produk kue tradisional Aceh di desa Lampisang kecamatan Peukan Bada kabupaten Aceh Besar merupakan hal yang penting dan mereka setuju dengan penerapan sertifikasi halal pada produk kue tradisional Aceh di desa Lampisang kecamatan Peukan Bada kabupaten Aceh Besar, sesuai dengan Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 tentang Sistem Jaminan Produk Halal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal, Persepsi Pelaku UMKM, Produk Makanan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Syauqi Syaifuddin
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:53
Last Modified: 28 Jul 2023 01:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30452

Actions (login required)

View Item
View Item