Keanekaragaman Collembola Pada Perkebunan Kakao (Theobroma Cacao L.) Kecamatan Titeu Kabupaten Pidie Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan

Ulfa Yulia Rahma, 180207135 (2023) Keanekaragaman Collembola Pada Perkebunan Kakao (Theobroma Cacao L.) Kecamatan Titeu Kabupaten Pidie Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Keanekaragaman Collembola Pada Perkebunan Kakao (Theobroma Cacao L.) Kecamatan Titeu Kabupaten Pidie Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan] Text (Keanekaragaman Collembola Pada Perkebunan Kakao (Theobroma Cacao L.) Kecamatan Titeu Kabupaten Pidie Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan)
Ulfa Yulia Rahma, 180207135, FTK, PBL, 082215158753.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Collembola merupakan jenis insecta yang tidak memiliki sayap yang memberikan peranan penting bagi ekosistem. Collembola menjadi salah satu kajian dari mata kuliah ekologi hewan yang dibahas pada materi serangga. Referensi collembola selama ini sudah banyak akan tetapi kesulitan saat melakukan identifikasi kebanyakan referensi yang tersedia tidak dimuatkan gambar. Informasi tentang jenis-jenis collembola pada perkebunan kakao menarik untuk dikaji serta dapat digunakan sebagai referensi tambahan dalam mata kuliah ekologi hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis collembola dan keanekaragaman collembola pada perkebunan kakao (Theobroma cacao L.) kecamatan titeu kabupaten pidie dan untuk menganalisis uji kelayakan produk penelitian serta untuk menganalisis respon mahasiswa terhadap produk hasil penelitian. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini Random Sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan perangkap Pitfall Trap. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 16 spesies yang terdiri dari 3 ordo yaitu Poduromorpha, Entomobryomorpha dan Symphpleona. Keanekaragaman collembola tergolong sedang dengan indeks Ĥ = 2,623474198. Hasil uji kelayakan produk penelitian berupa Buku Identifikasi Collembola memperoleh persentase dari ahli materi 84% kategori layak dan oleh ahli media 80% kategori layak dijadikan sebagai referensi mata kuliah ekologi hewan. Hasil respon mahasiswa terhadap produk hasil penelitian yang diisi oleh 30 responden memperoleh 83% dengan kategori sangat baik dijadikan sebagai referensi tambahan pada mata kuliah ekologi hewan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ulfa Yulia Rahma
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:48
Last Modified: 28 Jul 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30454

Actions (login required)

View Item
View Item