Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Teams Achievment Division) Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Materi Pewarisan Sifat Di SMP Negeri 1 Mutiara

Ayuni Rahmi, 180207083 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Teams Achievment Division) Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Materi Pewarisan Sifat Di SMP Negeri 1 Mutiara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Teams Achievment Division) Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Materi Pewarisan Sifat Di SMP Negeri 1 Mutiara] Text (Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Teams Achievment Division) Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Materi Pewarisan Sifat Di SMP Negeri 1 Mutiara)
Ayuni Rahmi, 180207083, FTK, PBL, 085271727063.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Rendahnya keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa yang relatif rendah, hal tersebut dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang kurang menarik. Upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yaitu model STAD (Student Teams Achievment Division) dengan media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Mutiara pada materi pewarisan sifat melalui penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division) dengan media audio visual. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Mutiara, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penellitian ini yaitu menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis hasil belajar siswa menggunakan rumus N-Gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa tergolong sangat aktif dengan persentase 76,00%. Analisis hasil belajar siswa menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pre-test yaitu 32,75 kemudian nilai rata-rata post-test yaitu 82,83 dan nilai N-Gain 0,75 tergolong kategori tinggi. Analisis uji-t menunjukan t hitung > t tabel (42,90 > 2,045) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ayuni Rahmi
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:48
Last Modified: 28 Jul 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30455

Actions (login required)

View Item
View Item