Kebijakan Anggaran Dan Implementasi Penerapan Syariat Islam Di Kabupaten Aceh Tenggara

Riska Mawarni, 190801936 (2023) Kebijakan Anggaran Dan Implementasi Penerapan Syariat Islam Di Kabupaten Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Kebijakan Anggaran  Dan Implementasi Penerapan Syariat Islam Di Kabupaten Aceh Tenggara] Text (Kebijakan Anggaran Dan Implementasi Penerapan Syariat Islam Di Kabupaten Aceh Tenggara)
Riska Mawarni, 190801036, FISIP, IP, 081396595548.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Aceh merupakan satu-satu nya provinsi di Indonesia yang menegakan dan melaksanakan syariat islam. Penegakan syariat islam di Aceh diatur secara legal di dalam UU No. 44 tahun 1999 tentang penyelenggaran keistimewaan Provinsi Daerah Istimewa Aceh dan Undang-undang No. 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh. Kedua Undang-undang ini menjadi acuan yang kuat untuk Aceh dalam penegakan Syariat islam di Aceh secara legal. Selanjutnya Qanun yang mengatur tentang anggaran dalam penerapan Syariat Islam di Aceh tertuang di dalam Qanun Aceh Nomor 8 tahun 2014 pasal 10 ayat 2. Sehingga di Aceh terdapat Qanun yang mengatur tentang anggaran untuk penerapan Syariat Islam. pertanyaan skripsi ini adalah apa penyebab minimnya anggaran dalam penerapan Syariat Islam di Kabupaten Aceh Tenggara dan kebijakan apa yang telah diimplementasikan dalam minimnya anggaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penyebab minimnya anggaran dalam penerapan Syariat Islam di Kabupaten Aceh Tenggara dan untuk mengetahui sejauh mana implementasi kebijakan Dinas Syariat Islam Aceh Tenggara. Penelitian ini metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukannya defisit anggaran yang terjadi di pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara sehingga defisit anggaran ini mengakibatkan terbatasnya anggaran dalam penerapan Syariat Islam dan terdapat juga program kegiatan yang telah diimplementasikan oleh Dinas Syariat Islam dalam menghadapi minimnya anggaran berupa program kegiatan Safari Shubuh yang dilakukan oleh para dai-dai perbatasan. Minimnya anggaran untuk penerapan Syariat Islam di Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tenggara, disebabkan karena adanya defisit anggaran di dalam pemerintahan Kabupaten Aceh Tenggara. Rata-rata alokasi anggaran selama 5 (lima) terakhir terhitung Rp. 45 Milir sedangkan yang dibutuhkan oleh Dinas Syariat Islam Rp. 48 Miliar. Jika dipantau dari luas wilayah dan jumlah penduduk anggaran tersebut tergolong minim dan kebijakan yang telah diimplementasikan dalam minimnya anggaran adalah safari shubuh program kegiatan ini dipilih dan dilaksanakan dengan kemampuan pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara, anggaran untuk program kegiatan ini sesuai dengan anggaran yang telah dialokasikan pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Riska Mawarni
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:56
Last Modified: 28 Jul 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30461

Actions (login required)

View Item
View Item