Efektivitas Program PKK Dalam Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Lamkeunung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar

Aina Safitri, 190404011 (2023) Efektivitas Program PKK Dalam Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Lamkeunung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Efektivitas Program PKK Dalam Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Lamkeunung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar] Text (Efektivitas Program PKK Dalam Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Lamkeunung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)
Aina Safitri, 190404011, FDK, PMI, 085217333885.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

PKK adalah singkatan dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga dan merupakan organisasi kemasyarakatan yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan. PKK memiliki 10 program pokok untuk mewujudkan kemitra sejajaran antara laki-laki dan perempuan dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. PKK sesuai regulasi terdapat di Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Seperti yang ada di Gampong Lamkeunung program PKK berjalan lancar dan aktif sehingga menimbulkan efek bagi masyarakatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Dalam pengambilan informan peneliti menggunakan teknik snowball yang pada teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan program PKK di gampong Lamkeunung sudah berjalan dengan baik dan aktif, dari ke 10 program yang ada di PKK, Lamkeung sudah menjalankan 7 program yang sesuai dengan regulasi dari pemerintah, seperti gotong royong, pendidikan dan keterampilan, pangan, sandang, tata laksana rumah tangga, kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat. Meskipun belum sempurna sepenuhnya program PKK di Lamkeunung sudah dilaksanakan dengan baik. program PKK di Gampong Lamkeunung sudah dapat dikatakan efektif serta dengan adanya program PKK masyarakat Lamkeunung khususnya ibu rumah tangga sangat terbantu karena dapat meningkatkan kretativitas masyarakat dan meningkatkan prekonomian masyarakat hingga menuju keluarga yang sejahtera.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Aina Safitri
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:04
Last Modified: 28 Jul 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30462

Actions (login required)

View Item
View Item