Analisis Fee Pada Transaksi Titip Jual Barang Elektronik Pada Online Shop Dalam Perspektif Akad Samsarah (Suatu Penelitian Pada Akun Online Shop Instagram @titipgame dan @consigngaming)

M. Naufal Azman, 190102171 (2023) Analisis Fee Pada Transaksi Titip Jual Barang Elektronik Pada Online Shop Dalam Perspektif Akad Samsarah (Suatu Penelitian Pada Akun Online Shop Instagram @titipgame dan @consigngaming). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Fee Pada Transaksi Titip Jual Barang Elektronik Pada Online Shop Dalam Perspektif Akad Samsarah (Suatu Penelitian Pada Akun Online Shop Instagram @titipgame dan @consigngaming)] Text (Analisis Fee Pada Transaksi Titip Jual Barang Elektronik Pada Online Shop Dalam Perspektif Akad Samsarah (Suatu Penelitian Pada Akun Online Shop Instagram @titipgame dan @consigngaming))
M. Naufal Azman, 190102171, HES, FSH (1) (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Akad samsarah merupakan aktivitas mediator antara pihak penjual dan pihak pembeli dalam memfasilitasi transaksi titip jual, dengan adanya imbalan berupa fee yang didapatkan oleh pihak simsar (agen). Sistem penetapan dan tingkat fee yang diterima oleh pihak agen cenderung berubah-ubah sesuai kesepakatan yang dilakukan oleh pihak penjual, demikian juga dengan tingkat fee. Dalam penelitian ini akan difokuskan tentang realisasi dan konsistensi para pihak dalam kesepakatan yang dilakukan oleh pihak penjual dengan pihak agen. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem perjanjian fee antara pihak penjual dengan pihak agen pada akun online shop instagram @titipgame dan @consigngaming, perhitungan fee antara pihak penjual dengan pihak agen pada akun online shop instagram @titipgame dan @consigngaming dan tinjauan akad samsarah terhadap penetapan fee pada transaksi titip jual barang elektronik pada akun online shop instagram @titipgame dan @consigngaming. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan bahwa sistem perjanjian fee pada kedua akun tersebut telah ditetapkan secara sepihak oleh pihak agen kepada pihak penjual, sehingga pihak penjual wajib menyetujui diktum perjanjian yang telah dibuat klausulanya oleh pihak agen. Perhitungan fee pada kedua akun tersebut berdasarkan harga barang yang dititipkan kepada pihak agen, jika harga barang yang dititipkan tinggi maka hitungan fee-nya juga tinggi dan begitupun sebaliknya. Dan tinjauan akad samsarah terhadap penetapan fee pada kedua akun tersebut telah sesuai dengan konsep akad samsarah, karena pada tataran implementasinya hak dan kewajiban dari para pihak baik itu dari pihak agen maupun pihak penjual serta pihak pembeli telah terpenuhi semua prestasinya, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: M. Naufal Azman Naufal
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:12
Last Modified: 28 Jul 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30464

Actions (login required)

View Item
View Item