Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Pemotongan Aceh Tenggara.

Susilawati, 190209075 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Pemotongan Aceh Tenggara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together	 (NHT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Pemotongan Aceh Tenggara.] Text (Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Pemotongan Aceh Tenggara.)
susilawati uplod.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa pada siswa kelas IV SDN Pemotongan Aceh Tenggara. Kebanyakan siswa belom mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75 yang telah ditetapkan oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk menguasai permasalahan yang muncul dalam kelas. Data terkumpul melalui lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas guru pada siklus I terdapat beberapa aspek kegiatan termasuk pada kategori baik. Tetapi pada siklus II sudah terlihat adanya peningkatan penilaian masuk dalam kategori baik sekali. Untuk hasil aktivitas siswa pada siklus I terdapat beberapa yang perlu ditingkatkan dan masih dalam kategori cukup. Akan tetapi pada siklus II meningkat menjadi lebih baik masuk dalam kategori baik sekali. Melalui Model pembelajaran Number Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada siklus I tuntas dengan nilai persentase 35,71% secara klasikal dan pada siklus II meningkat menjadi tuntas dengan nilai persentase 85,71% secara klasikal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.8 Pelajaran Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Susilawati Wati
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:22
Last Modified: 28 Jul 2023 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30465

Actions (login required)

View Item
View Item